visi pernikahan
in

Jangan Buru-buru, Pelajari 9 Persiapan Sebelum Menikah Ini Jika Ingin Harmonis

Menikah merupakan langkah besar dalam sebuah hubungan. Diperlukan persiapan sebelum menikah karena menikah tidak sama dengan pacaran, apalagi banyak yang menegatakan menikahi satu orang berarti menikah keluarganya juga. Darlings harus ingat, kamu perlu melihat baik dan buruknya sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu bersama. Keputusan menikah yang tergesa-gesa hanya akan memberikan penyesalan di kemudian hari dan menyebabkan kehidupan pernikahan yang tidak sehat.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan untuk Persiapan Sebelum Menikah

National Center Of Health Statistics mencatat kasus perceraian sering terjadi pada pasangan muda dengan umur hubungan pernikahan kurang dari sepuluh tahun. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menikah, pikirkan dulu hal-hal berikut ini :

  1. Hati dan Logika Harus Sejalan

persiapan sebelum menikah

Sebelum memutuskan untuk menikah, yakinkan diri terlebih dahulu. Pikirkan dengan baik, apakah pacar kamu memang laki-laki yang baik dan tepat untukmu? Jangan sampai kamu mengorbankan diri hidup bersama dengan laki-laki yang sebenarnya tidak terlalu kamu cintai atau belum ‘sreg’ hanya demi memenuhi keinginan keluarga, atau lebih buruknya, tuntutan usia.

  1. Punya Kebebasan

Masalah yang sering terjadi pada pasangan muda adalah kurangnya kebebasan satu sama lain. Biasanya disebabkan oleh pasangan terlalu membatasi waktu untuk berkumpul dengan teman atau bekerja. Bahkan tidak jarang Darlings mengeluh karena tidak punya waktu untuk diri sendiri. So, sebaiknya kamu bicarakan hal ini dari awal. Buat aturan yang harus disepakati bersama. Asal tidak berlebihan, tidak masalah kok meluangkan me time atau waktu untuk diri sendiri.

  1. Urusan Financial

persiapan sebelum menikah uang

Kondisi ekonomi yang belum stabil bisa jadi pemicu pertengkaran dalam pernikahan. Apalagi pada saat sudah menikah, ada banyak pengeluaran baru yang harus ditanggung bersama seperti tagihan listrik, cicilan rumah, dan kendaraan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menikah, pastikan dulu kondisi keuangan bersama agar dapat memenuhi beban tersebut.

  1. Cerdas Mengelola Emosi

Beberapa pasangan yang sebenarnya belum siap menikah pasti tidak mendapatkan kebahagiaan. Mereka akhirnya mengalami stress berkepanjangan. Ketika menikah, hal kecil bisa menjadi masalah jika Darlings tidak pintar mengelola emosi. Tidak mau kan kehidupan pernikahan hanya diisi oleh pertengkaran saja? Untuk itulah, perhatikan bagaimana pasangan mengelola konflik. Jika kamu dan si dia tidak bisa saling memahami, ada baiknya kamu memikirkan ulang rencana pernikahan.

  1. Siap Melepas Segalanya

Istri harus bisa menahan diri

Menikah berarti siap melepas segalanya. Kamu tidak bisa lagi seperti sekarang, di mana kamu bisa kapan saja keluar dan bersenang-senang dengan teman-teman, kebebasan dalam memilih teman atau aktivitas yang disukai. Semua yang kamu lakukan adalah demi kepentingan bersama, bukan hanya kepentingan kamu aja. Ketika ada teman yang mengajak meninggalkan kewajiban, Darlings harus berani menolaknya.

  1. Hidup Akan Lebih Baik dengan Adanya Dirinya

Coba ingat-ingat lagi, bagaimana kehidupan kamu dengan atau tanpa dirinya? Jika kehadirannya membuat hidup lebih baik, maka kamu sudah siap menikah dengannya. Hubungan akan awet bila keduanya bisa meraih suatu hal yang lebih baik. Kamu dan si dia harus siap menghadapi hal yang tidak terduga nanti di dalam sebuah rumah tangga.

  1. Tidak Merasa Tertekan

Pasangan Terlalu Dominan

Banyak wanita dan pria merasa tertekan saat menjalani suatu hubungan. Mereka tidak dapat menjalani hidup dengan bebas. Jika pasanganmy dapat menjamin bahwa dia akan sabar dalam menjalani rumah tangga alias tidak terlalu demanding atau pushy, ini adalah salah satu lampu hijau bagi rencana pernikahanmu.

  1. Hubungan Intim Bukan Hal yang Utama

Dalam pandangan agama, berhubungan intim menjadi halal ketika menikah. Oleh karenanya banyak pasangan yang menjadikan alasan utama untuk menikah. Salah. Menikah harus diniatkan untuk beribadah, membangun rumah tangga dan membesarkan anak-anak yang baik. Sebaiknya pikirkan kembalil rencana kamu untuk menikah. Pernikahan membutuhkan komitmen yang lebih besar dari sekedar berhubungan intim.

  1. Visi Pernikahan

persiapan sebelum menikah

Apa rencana Darlings dan pasangan setelah pernikahan? Apakah langsung memiliki anak atau menunda beberapa tahun? Lalu kira-kira apa tujuan yang ingin dicapai dalam waktu 5 tahun setelah pernikahan? Apakah bisa membeli rumah atau memiliki usaha sendiri dan naik haji bersama? Semua ini termasuk dalam visi pernikahan. Segala tujuan pribadi perlu dibicarakan secara terbuka. Dengan adanya visi dan misi pernikahan, maka keluarga akan berada dalam track yang benar.

Menikah memang terdengar menyenangkan, Darlings. Banyak pasangan yang membuat pernikahan terlihat begitu mudah, padahal menikah itu butuh ilmu. Semoga uraian persiapan sebelum menikah di atas dapat membantu Darlings dalam merencanakan segala hal, ya!

cara memutihkan siku dengan lemon

5 Manfaat Lemon Untuk Wajah: Cantik Alami Itu Mudah!

gendut

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita Paling Cepat dan Aman