Persiapan Melahirkan Anak Pertama
in

Jangan Panik! 4 Persiapan Melahirkan Anak Pertama Ini Dijamin Bikin Lancar Persalinanmu

Menanti kelahiran sang buah hati adalah saat paling mendebarkan sekaligus membahagiakan. Sebagai calon orang tua, persiapan melahirkan anak pertama tentunya harus menyediakan berbagai keperluan untuk menyambut kehadirannya.

Persiapan melahirkan anak pertama biasanya dilakukan 5 minggu sebelum perkiraan hari lahir. Di bawah ini terdapat beberapa poin penting menjelang kelahiran bayi yang harus Darlings persiapkan:

Do-List Persiapan Melahirkan Anak Pertama yang Perlu Diperhatikan

  1. Mental Sebagai Orang Tua Baru

Persiapan Melahirkan Anak Pertama Mental

Sebagai pasangan yang akan punya anak pertama, tentu saja Darlings dan pasangan harus mempersiapkan mental sebagai calon ayah dan ibu. Kamu bisa menyiapkan mental menjadi orang tua dan memahami tata cara menjadi orang tua berdasarkan agama yang dianut. Salah satu persiapan mentalnya adalah siap merubah kebiasaan yang selama ini santai tanpa anak. Sekarang kamu punya pekerjaan baru untuk mengurus bayi, contohnya mengganti popok, siap bangun tengah malam dan sebagainya. Siap untuk merubah sikap yang tadinya belum dewasa menjadi lebih dewasa, keibuan dan kebapakan, serta kesiapan sebagai orang tua yang dapat mendidik anaknya dengan baik dan benar.

  1. Perlengkapan yang Akan Digunakan

Hal lain yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran bayi adalah perlengkapan yang akan digunakan seperti pakaian, bedak, dan susu.

Pakaian

Persiapan Melahirkan Anak Pertama Baju Bayi

Pakaian bagi si bayi juga harus terbuat dari bahan yang nyaman dan tak bikin gerah. Karena kulit bayi sensitif, pemilihan pakaian yang salah bisa membuat bayimu rewel atau muncul memar pada kulitnya. Jadi, kenyamanan si bayi harus Darlings jadikan prioritas.

Pakaian yang disiapkan sebaiknya berlengan pendek dan panjang untuk dipakai sesuai dengan keadaan. Umumnya pakaian lengan pendek digunakan pada pagi hari dan lengan panjang untuk sore hari atau malam hari. Janganlah lupa siapkan selimut atau jaket untuk bayi. Yang terakhir, jangan lupa juga siapkan celana bayi, sarung tangan bayi, kaos kaki bayi, popok, dan topi bayi.

Bedak

Darlings juga tak boleh lupa menyiapkan bedak. Meski terdengar sepele, pemilihan bedak yang tepat dapat menjaga kesehatan kulit bayimu. Selain bedak, ada pula perlengkapan lain sepeti baby wipes, sabun bayi, sampo bayi, body lotion khusus bayi, minyak telon dan lain-lain.

Susu Bayi

Pemilihan susu yang baik adalah yang tidak menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan bayimu. Susu formula adalah susu pengganti ASI. Air susu ibu (ASI) merupakan asupan alami terbaik dari ibu untuk bayi, namun ada sebagian wanita yang tidak bisa memberi ASI karena alasan tertentu, salah satunya karena produksi ASI yang sedikit. Jika tak bisa memberi ASI, gantilah asupan gizinya dengan susu formula. Tapi ingat, ASI tetap jauh lebih baik ketimbang susu formula ya, Darlings.

Pada dasarnya semua produk susu formula terdiri dari kumpulan nutrisi utama, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Pastikan di kemasan susu tertulis bahwa produk tersebut cocok untuk dikonsumsi bayi baru lahir. Untuk bayi baru lahir dan masih di bawah usia satu tahun, sebaiknya pilih produk susu formula yang berasal dari susu sapi. Langkah selanjutnya adalah memperhatikan jenis protein yang digunakan. Protein susu sapi terbagi dua, yaitu whey dan casein. Jenis whey lebih direkomendasikan untuk bayi baru lahir karena dianggap lebih mudah dicerna.

Meskipun begitu, beberapa bayi mungkin akan menolak ketika diberi susu formula karena dia sudah terbiasa dengan ASI. Jika hal itu terjadi, Darlings jangan memaksanya untuk menghabiskan satu botol susu. Sebaik-baiknya susu formula, tidak akan bisa menandingi manfaat ASI. Terakhir, pilih susu formula yang sesuai dengan bayimu dan pastikan produk yang Darlings pilih terdaftar di BPOM RIPastikan juga

Baca JugaInfo Kunci Vaksin Pada Bayi Yang Wajib Ibu Tahu!

  1. Suasana Rumah

Dekorasi Kamar Bayi

Tak ada salahnya Darlings menciptakan suasana baru yang lebih segar demi menyambut kehadiran si jabang bayi. Membersihkan dan mendekorasi rumah memang terdengar sederhana, namun dengan kehadiran anggota keluarga baru yang masih rentan dan masih lemah, tentunya kali ini di perlukan tingkat kebersihan yang lebih dari biasanya, khususnya ruangan yang akan digunakan sebagai ruangan bayi. Membuat kamar atau ruangan khusus untuk si bayi bisa jadi pilihan lho, Darlings.

Ruang untuk kamar bayi juga perlu dijaga kebersihan dan kenyamananya. Bayi memerlukan ruangan yang bersih dengan pergantian udara yang baik. Kamu juga bisa membeli perabotan baru untuknya dan beberapa perlengkapan yang dapat mendukung perkembangan si kecil.

Pemilihan warna dapat disesuaikan dengan jenis kelamin anak Darlings, pencahayaan ruangan jangan terlalu menyilaukan mata atau tidak terlalu terang, dan yang terakhir adalah furniture. Apabila membeli furniture seperti kursi atau meja, sebaiknya ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau.

  1. Nama Untuk Calon Bayi

Nama Untuk Calon Bayi

Sebagai orang tua cerdas, Darlings pasti tak akan memilih nama anak secara asal. Karena bayimu membutuhkan nama yang bermakna, mengumpulkan rancangan nama-nama si buah hati sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar pemilihannya tidak asal. Segala hal yang dilakukan secara tergesa-gesa hasilnya tak akan baik.

Pilihlah nama yang bermakna baik karena nama dapat menjadi doa dan harapan untuk anak nantinya. Sedikit masukan, carilah nama yang unik dalam artian tidak atau belum banyak digunakan oleh orang lain. Hal ini akan memberi nilai dan kebanggaan tersendiri baik bagi kamu maupun si anak nantinya.

Nah, demikianlah beberapa persiapan melahirkan anak pertama yang bisa Darlings jadikan inspirasi. Sebaiknya hal-hal diatas dipersiapkan jauh-jauh hari ya, Darlings. Jika sudah lengkap dan terpenuhi, pada hari persalinan kamu sudah tidak perlu repot dan bisa fokus ke hal lain.

Tiap individu pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tapi setidaknya jika hendak mempersiapkan kelahiran sang buah hati, belilah barang atau beberapa pakaian yang berkualitas sesuai dengan kondisi keuanganmu. Gunakan dana seefisien mungkin karna kebutuhan bayi di masa depan akan lebih banyak lagi. Semoga lancar ya, Darlings!

CV Yang Menarik dan Kesalahan Fatal Membuat CV

13 Kesalahan Yang Membuat CV Kamu Diacuhkan

Manfaat Nikah Muda

7 Manfaat Nikah Muda: Yay or Nay?