tanda kanker payudara
in

Kamu Mungkin Tak Menyadari 5 Tanda Kanker Payudara Ini, Cek Sebelum Terlambat!

Akhir-akhir ini pemberitaan mengenai publik figur yang meninggal dunia karena kanker payudara semakin banyak lho, Darlings. Mengerikan ya? Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya dan dapat menyerang siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa. Yang lebih menakutkan lagi, penyakit ini sering menyerang kaum hawa dan tanda kanker payudara sendiri sering tak disadari.

Penyebab kanker payudara bisa macam-macam, lho, contohnya gaya hidup yang tidak sehat, seringnya terkena paparan sinar radiasi, atau bahkan riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker payudara.

Nah, agar terhindar dari penyakit ini, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tanda kanker payudara yang mungkin terjadi padamu. Apa saja? Yuk simak!

5 Tanda Kanker Payudara yang Harus Dideteksi Sejak Awal:

1. Terdapat Benjolan di Payudara

Gejala yang paling umum yang ditimbulkan oleh kanker ini adalah timbulnya benjolan di payudara. Benjolan yang timbul biasanya keras dan tidak sakit, tetapi terdapat juga kasus benjolan kanker payudara yang terasa sakit. Jika Darlings melihat tanda kanker payudara yang satu ini sebaiknya segera hubungi dokter untuk pencegahan lebih awal. Semakin cepat ditangani, semakin baik!

2. Payudara Memiliki Warna yang Berbeda

Perbedaan warna yang dimiliki oleh payudara juga merupakan salah satu tanda kanker payudara. Biasanya payudara yang terkena kanker akan berwarna kemerahan atau kecokelatan seperti memar. Selain itu, struktur kulit juga akan lebih kasar. Kamu harus rajin-rajin memperhatikan payudaramu saat mandi ya, Darlings.

3. Payudara Terasa Nyeri atau Sakit

kanker payudara

Payudara yang terasa nyeri atau sakit biasanya sering kamu alami saat memasuki siklus menstruasi. Namun, jika rasa sakit dan nyeri ini terus berlanjut, kamu harus waspada karena bisa saja tanda tersebut bukan merupakan tanda akan terjadi menstruasi, melainkan salah satu tanda kanker payudara. Mulai sekarang, jangan anggap remeh nyeri di dadamu ya!

4. Payudara Terasa Panas dan Gatal

Payudara yang terkena kanker akan terasa panas seperti terbakar. Perasaan ini juga dapat membuat nafsu makan menjadi menurun. Selain itu, payudara juga akan terasa gatal tanpa penyebab yang jelas. Perasaan tak nyaman di dadamu bisa jadi tanda kanker payudara lho, Darlings.

5. Terdapat Cairan yang Keluar dari Payudara

Pada umumnya cairan yang keluar dari payudara wanita dinamakan ASI, tetapi terdapat juga cairan yang bisa keluar dari payudara selain ASI. Cairan inilah yang merupakan tanda kanker payudara! Cairan yang keluar dari payudara yang merupakan tanda dari kanker biasanya berbentuk seperti nanah lendir. Apakah payudaramu pernah mengeluarkan cairan aneh? Jika ya, kamu harus cepat konsultasi ke dokter!

Baca juga: 5 Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara, Konsumsi Mulai Sekarang!

Meskipun berbahaya, Darlings dapat langsung meminimalisir resiko kanker payudara jika tanda-tanda-tanda di atas. Jika Darlings mendapati salah satu tanda kanker payudara di atas pada tubuhmu, sebaiknya kamu segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih dini. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan, Darlings? Semoga kamu sehat selalu, ya!

bola-bola nasi keju

Kreasi Lezat dan Gurih: Resep Bola-bola Nasi Keju untuk Bekal Sekolah Anak

bayi menangis

Hati-hati, Penyebab Bayi Rewel Ternyata Bisa Karena Stres! Kamu Harus Peka pada Tanda-tandanya