Lapar Terus? Awas Obesitas! Ini 6 Cara Mudah Mengatasi Nafsu Makan Berlebihan

Rasa lapar biasa bukanlah masalah, yang jadi persoalan apabila rasa lapar berlebihan sehingga mendorong makan dalam jumlah banyak. Nafsu makan yang berlebih, dapat disebabkan kurangnya kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Orang cenderung mengemil dan makan makanan tidak sehat untuk memenuhi nafsu makannya tak terkontrol. Berikut ini ulasan menanggulangi nafsu makan yang berlebih.

Cara Mengurangi Keinginan Makan yang Berlebihan

Pilih Makanan Sehat untuk Meredakan Lapar

Mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan protein seperti telur yang direbus atau yoghurt dapat mengurangi kadar ghrelin. Maksud dari ghrelin adalah suatu hormon yang dapat mendorong rasa lapar. Makanan tinggi protein dapat mencegah rasa lapar dan memakan camilan secara berlebih.

Makanan sehat lainnya yang cepat mengenyangkan serta dapat menunda rasa lapar, diantaranya makanan yang kaya serat, makanan tinggi lemak baik, kopi, jahe, ikan, tempe, teh hijau, ikan, dan jenis lainnya. Hindari makanan yang pedas dan asin untuk mengurangi nafsu makan.

Kurangi Minuman dan Makanan Manis

Minuman manis sering jadi pilihan ketika haus di siang hari, padahal air putih adalah pilihan terbaik untuk mengurangi dahaga. Jika ingin yang minuman dingin, es teh tawar atau air putih dingin bisa jadi pilihan. Meminum 2 gelas air putih sebelum makan terbukti membuat seseorang makan 20% lebih sedikit di banding mereka yang tidak minum dahulu.

Kurangi konsumsi makanan seperti permen, biskuit, atau roti tawar. Karena makanan tersebut dapat meningkatkan gula darah, namun mudah turun dengan cepat. Ketidakstabilan tersebut akan memancing rasa lapar berlebih.

Tidurlah

Saat malam hari, orang cenderung mudah merasa lapar sehingga banyak memakan camilan. Hal ini disebabkan adanya sistem sirkadian yang mendorong tubuh untuk menyimpan cadangan energi untuk kebutuhan hari selanjutnya.

Dorongan untuk makan di malam hari meningkat dari jam 20.00 hingga tengah malam. Kekurangan tidur dapat menambah produksi hormon penyebab lapar, yang membuat orang makan lebih banyak.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Menekan rasa lapar dan mengkonsumsi kalori dalam jumlah terbatas, justru dapat meningkatkan keinginan untuk makan berlebih dan mengemil. Makanan yang sering jadi incaran yakni makanan berlemak tinggi dan manis. Ini jelas tidak sehat bagi tubuh. Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makanan seimbang, dapat menjadi solusi terbaik untuk diet dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Nikmati Waktu Makan

Makanlah secara perlahan dan nikmatilah. Makan dengan cepat dapat mengganggu fungsi otak untuk mengenali apakah tubuh sudah kenyang. Makan perlahan dapat membantu proses pencernaan memproses nutrisi makanan. Makanan yang terproses dengan baik akan memberi rasa kenyang, sehingga makan menjadi tidak berlebih

Jangan Lewatkan Sarapan

Meski terdengar klise, faktanya sarapan dapat memberi nutrisi bagi tubuh yang berdampak pada berkurangnya keinginan untuk makan berlebih di siang hari. Melewatkan sarapan dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami obesitas. Sarapan dengan menu seimbang dapat mencegah rasa lapar di luar jam makan.

Nafsu makan yang berlebih dapat menyebabkan kegemukan. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Caranya dengan minum lebih banyak air, sarapan dengan rutin, mencukupi kebutuhan nutrisi, dan cara lainnya. Melakukan cara tersebut akan membuat tubuh dapat mengendalikan keinginan untuk makan secara tak terkendali.