Mau Menikah dalam Waktu Dekat dan Harus Tinggal Bareng Mertua? Ketahui 5 Hal Ini Dulu

Ada cukup banyak alasan yang membuat pasangan menikah terpaksa harus tinggal dengan mertua mereka. Contohnya adalah karena Anda masih memiliki kesulitan finansial, atau karena harus merawat orangtua yang sakit. Apapun alasannya, hidup bersama di bawah satu atap bukan hal yang mudah. Terlebih bagi pengantin baru, mereka biasanya butuh lebih banyak privasi dan kebebasan.

Namun jangan salah. Karena tinggal bersama mertua bisa mendatangkan cukup banyak keuntungan. Misalnya saja, Anda bisa lebih banyak menghemat dan saling membantu. Saat Anda harus lembur dan pulang terlambat, ibu mertua bisa membantu untuk menyiapkan makan malam. Dan ayah mertua Anda bisa memperbaiki mesin yang rusak.

Keuntungan Tinggal Bareng Mertua

Anak-Anak Punya Kesempatan Mengenal Kakek dan Nenek

Penting bagi anak-anak untuk benar-benar mengenal kakek nenek mereka. Dan tinggal bersama mertua membantu Anda memberikan hal itu. Ketimbang hanya bertemu setahun sekali saat liburan, mereka kini bisa menghabiskan waktu bersama setiap hari.

Anda Punya Bantuan Mengasuh Anak

Di hari-hari awal datangnya buah hati bisa sangat berat. Semua pasangan selalu mengalami hal tersebut. Dan dengan adanya ibu mertua di rumah yang sama, Anda akan mendapatkan banyak saran serta bantuan dalam mengasuh anak.

Senantiasa Ada Babysitter di Rumah

Yang perlu diingat, jangan sampai Anda terlalu memanfaatkan situasi dan keuntungan satu ini. Keuntungan tinggal bersama mertua, Anda tak perlu meninggalkan anak bersama orang asing karena ada kakek dan nenek yang memegang kendali.

Selalu Ada Orang untuk Berbagi

Setelah menikah, wanita harus banyak beradaptasi. Dari wanita karier menjadi ibu rumah tangga dengan berbagai keahlian. Akan sangat berat melakukan itu semua seorang diri. Beruntung bagi yang tinggal dengan mertua karena ada sedikit bantuan.

Ada Ruang Bernapas dalam Bidang Keuangan

Hidup berumah tangga di era ekonomi global seperti sekarang ini membuat kita harus pandai-pandai dalam berhemat. Dengan tinggal bersama mertua, Anda setidaknya bisa memiliki sedikit ruang untuk bernapas hingga finansial benar-benar stabil.

Kekurangan Tinggal Bareng Mertua

Tidak Ada Privasi

Dengan tinggal bersama mertua membuat pasangan pengantin baru tak memiliki privasi. Anda tidak bisa bersantai dengan pakaian minim ditemani camilan tidak sehat, Anda juga tak bisa menikmati keromantisan luar biasa dengan bercinta di lantai dapur.

Tidak Akan Ada Pesta Bersama Teman

Jika Anda menikah di usia 20 atau 30-an, Anda harus melupakan ide untuk mengadakan pesta di rumah apabila tinggal bersama mertua. Terutama jika Anda memiliki teman-teman yang sedikit ‘liar’.

Tanpa Diminta, Selalu Ada Nasihat

Nasihat sendiri sangat bagus ketika kita membutuhkannya. Dan tinggal bersama mertua artinya Anda akan mendengar nasihat-nasihat meski sebenarnya tidak membutuhkannya.

Tidak Bisa Bertindak Sesuka Hati

Mustahil mendekor rumah sesuai keinginan, masak makanan kesukaan Anda, dan berdandan seperti yang Anda lihat di majalah. Semua hal harus sesuai dengan izin serta perintah dari ibu mertua. Ini bisa menjadi sangat menyebalkan bagi istri baru.

Pro dan kontra tinggal bersama mertua setelah menikah, sebaiknya tetap Anda sikapi dengan bijak. Dan usahakan menjadi menantu yang baik. Ciptakan komunikasi agar terbentuk kehidupan yang damai.