Wahai Wanita, Ini 5 Langkah Mudah Mencintai Diri Sendiri

Kadang kala ada banyak wanita yang kerapkali bersikap kurang mencintai diri sendiri. Bermula dari rasa kurang percaya diri. Menganggap kalau dirinya belum pantas, belum cantik, belum seksi, dan rasa kurang PD lainnya. Ketika hal ini terjadi, maka sulit sekali untuk memiliki kharisma yang mampu memikat para pria.

Layaknya sebuah senyum, energi yang ditimbulkan dari rasa percaya diri itu bisa menular ke siapa saja. Dan jika para pria di luar sana mampu menangkap sinyal percaya diri darimu, mereka bisa langsung jatuh hati. Dan masalahnya, rasa percaya diri ini dimulai dari rasa mencintai diri sendiri. Sudahkah kamu cinta dirimu sendiri?

Jika belum, kamu butuh membaca ini sampai selesai. Celotehwanita akan bagikan tips praktis bagaimana cara mencintai diri sendiri, menerima kekurangan dan memaksimalkan kelebihan. Berikut cara-caranya.

1. Mencintai diri sendiri: Jujur setulus hati

Mencintai diri sendiri

Bersikap jujur kepada diri sendiri membantu kita untuk mengerti isi hati. Kamu akan bersikap lebih “legowo” dalam menerima setiap kekurangan baik dari diri sendiri, maupun sikap orang lain yang kadang membuat sakit hati. Jujur membuatmu mendapatkan banyak hikmah yang positif.

Bersikap jujur akan berdampak positif bagi siapa saja yang melakukannya. Orang-orang akan percaya padamu dan mereka juga akan senantiasa bersikap terbuka. Tidak ada yang ditutup-tutupi lagi. Karena semuanya telah jujur apa adanya. Jujurlah pada dirimu sendiri, dan rasakan manfaatnya.

2. Percaya dengan diri sendiri

Mencintai diri sendiri

Menjadi seorang wanita memang banyak hal yang harus diasah. Termasuk kemampuan diri yang membuatnya percaya diri. Sebenarnya tidak sulit untuk dapat memupuk rasa percaya diri. Tinggal berusaha menemukan sisi positif dari dalam diri, dan jadikan itu sebagai keunggulan dari dirimu.

Yang paling membahayakan adalah ketika kita memiliki kelebihan namun tidak membuat kita jadi lebih percaya diri. Kita justru fokus kepada kekurang yang ada. Sehingga sifat-sifat yang muncul menjadi minder, cemas, dan tidak bahagia. Hal ini harus kamu hindari demi kebahagiaan yang ada dalam hati.

3. Rajin mengapresiasi diri sendiri

Mencintai diri sendiri

Apabila kamu sulit menemukan apresiasi dari orang lain, cobalah untuk berkaca pada diri sendiri. Sudahkah kamu mengapresiasi usaha darimu sendiri? Sudahkah kamu membelikan hadiah ketika kamu berhasil melewati langkah yang sulit dalam hidupmu? Sudahkah kamu mengapresiasi keberhasilan itu?

Apabila belum, maka wajar jika orang lain juga belum bisa mengapresiasi keberadaanmu. Karena kamu sendiri saja belum mengapresiasi, bagaimana orang lain? Setiap dari kita wajib untuk mencintai diri sendiri dulu, sebelum dicintai oleh orang-orang di sekitar kita, termasuk pria idamanmu itu.

4. Berlatih untuk sabar

Mencintai diri sendiri

Proses menuju keberhasilan seseorang tidaklah cepat dan instan. Butuh langkah yang panjang, tidak mudah, dan bergelombang. Tidak serta merta langsung berhasil seperti yang kamu kira. Karena itu, kamu butuh sabar dalam menjalaninya. Mungkin ketika kita berubah, tidak langsung muncul hasilnya.

Butuh konsistensi ketika menjalani rutinitas untuk mencintai diri sendiri, menerima kekurang diri sendiri dan orang lain, dan memaafkan kesalahan diri sendiri serta orang lain pula. Butuh proses yang panjang untuk mewujudkan semua keinginanmu yang terus dipanjatkan kala tangan mulai merapal doa.

5. Berniat baik kepada semua orang

Mencintai diri sendiri

Apabila masih ada orang yang terus menyakiti hatimu, pergilah darinya. Cari orang lain yang lebih bisa menghargaimu sekarang. Masih banyak orang baik hati di dunia ini, dan dia ada di sekitarmu. Cari saja, lalu temukan kebahagiaan bersama orang-orang baru. Sembari juga memperbaiki diri dari kesalahan masa lalu.

Selalu niatkan setiap perilakumu dalam kebaikan untuk semua orang. Tidak membeda-bedakan, untuk semua orang kamu berbaik hati. Rutinlah untuk bersikap positif, mulai dari berpikir positif, tidak menuduh, dan selalu tersenyum. Bagikan kebahagiaanmu yang sekarang kepada orang-orang di sekitarmu.

Itulah cara-cara mudah yang bisa diterapkan agar kamu menjadi wanita yang mencintai diri sendiri. Bagaimana, tidak sulit, bukan? Yang diperlukan selain usaha adalah kesadaran, bahwa mencintai diri sendiri merupakan langkah awal yang harus ditempuh. Jika belum cinta pada dirimu sendiri, bagaimana orang lain bisa cinta?