ibu dan anak
in

Orang Tua Sering Mengabaikan 6 Cara Mengajari Anak Tentang Seks Ini, Apa Saja?

Dalam sebuah buku yang ditulis Emily Martin, banyaknya seks bebas dan dan seks di bawah umur disebabkan oleh kurangnya pengetahuan soal perilaku seks yang sehat. Seks dianggap tak pantas dibicarkan di depan umum, bahkan yang melakukannya bisa dianggap tidak bermoral. Akibatnya, anak akan mencari tahu tentang seks dari sumber yang belum tentu sesuai dengan harapan orang tua.

Bagi para orang tua, pendidikan seks tidak pernah terlalu dini untuk dilakukan. Jangan sampai anakmu terlambat paham, merasa kaget, dan akhirnya terlibat perilaku seks yang serampangan. Nah, apa saja sih tips dan trik mengedukasi anak soal seks? Simak uraian berikut!

6 Cara Mengajari Anak Tentang Pendidikan Seksual:

  1. Buat Diri Kamu Nyaman Terlebih Dahulu

Membicarakan seks untuk pertama kalinya dengan anak bisa jadi momen paling canggung dalam hidup Kamu. Karena pendidikan seksual adalah proses berkelanjutan, kamu perlu membuat diri kamu nyaman dengan pembicaraan tentang seks. Wajar jika Kamu butuh waktu, tapi Kamu harus tampil serileks mungkin agar anak juga merasa nyaman.

  1. Manfaatkan Rutinitas Sehari-hari

anak dan ibu

Kamu bisa mulai pendidikan seksual dari hal yang biasa Kamu dan anak lakukan setiap hari. Saat mandi, misalnya, Darlings bisa mulai memperkenalkan anak dengan istilah organ-organ tubuh. Jangan lupa gunakan bahasa yang umum agar anak mudah memahami isi diskusi.

  1. Jangan Jadi “Lone Ranger”

keluarga

Satu hal penting yang perlu diingat dalam edukasi seks adalah melibatkan anggota keluarga lain. Ajak pasanganmu atau anggota keluarga lain yang ada di rumah untuk berdiskusi dengan anak tentang pendidikan seksual. Dengan begitu, anak tak akan menganggap pendidikan seksual sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan.

  1. Tetapkan Hitam dan Putih

Setelah mengenalkan istilah-istilah organ tubuh, yang tak boleh lupa Kamu lakukan adalah menetapkan aturan-aturan yang jelas pada si anak. Ajari ia tentang apa yang boleh dilakukan di depan publik dan apa yang tidak, siapa saja yang boleh menyentuh anggota tubuhnya, dan lain-lain

  1. Gunakan Bantuan Eksternal

anak

Kalau bingung harus mulai dari mana, kamu bisa menggunakan bantuan dari hal-hal di sekeliling kamu. Contohnya, saat menonton acara televisi yang menampilkan bayi, Kamu bisa bertanya pada Anak apakah dia tahu dari mana bayi berasal. Dari sana, kamu bisa mulai mengenalkan anak tentang reproduksi secara simpel.

  1. Diam Itu Haram!

Saat si anak bertanya tentang sesuatu yang berhubungan dengan seks, jangan pernah jawab dengan diam. Jika Kamu bungkam, anak akan menganggap hal ini tabu untuk dibicarakan dan akhirnya tidak mendapat pendidikan seksual yang cukup.

Kamu harus yakin bahwa rumah adalah tempat belajar tentang seks paling dini dan paling baik bagi seorang anak. Dengan lingkungan pergaulan yang luas ditambah mudahnya akses teknologi, anak akan sangat mudah terpapar segala informasi tentang seks. Nah, jika anak sudah mendapat bekal yang cukup dari rumah, dia akan merespon informasi tersebut sesuai nilai yang Kamu tanamkan melalui pendidikan seksual. It is never too early to talk to your kids about sex!

 

dana pensiun

Perhatikan Tips Merencanakan Dana Pensiun Bagi Wanita Ini Supaya Masa Tuamu Tenang

model hijab terbaru

Dijamin Nggak Mati Gaya, Simak 4 Cara Pakai Hijab Yang Modern dan Anggun Ini