Orangtua Wajib Tahu! Ajari Anak Anda 5 Keterampilan Ini untuk Melawan Penindas

Bullying atau penindasan masih menjadi masalah besar di berbagai tempat. Di sekolah-sekolah di negara maju sekalipun aksi seperti ini masih kerap ditemui. Dan kebanyakan korban tidak berani menceritakan apa yang mereka alami sebenarnya pada orangtua ataupun guru.

Jika Anda sebagai orangtua mengetahui bahwa sang buah hati menjadi korban dari penindasan, jangan diam saja. Didik anak-anak beberapa hal dasar untuk bisa melawan si penindas, tetapi bukan berarti balas dendam sangat dianjurkan. Berikut ini 5 hal yang harus Anda ajarkan pada mereka.

Tips Mengatasi Anak yang Jadi Korban Bully

Ajak Mereka Tetap Terhubung

Biasanya pengganggu beraksi untuk membuat korbannya merasa sendirian dan juga tidak berdaya. Anak-anak korban bully akan mendapatkan kembali kekuatan mereka saat memiliki teman-teman yang setia dan orangtua yang mendukung mereka.

Ciptakan Kesadaran pada Anak

Terkadang anak-anak merasa malas melaporkan adanya aksi bullying. Para penindas biasanya melancarkan aksi tanpa disadari orang dewasa. Ajari buah hati Anda untuk lebih sadar pentingnya memberitahu pada orang lain tentang aksi penindasan.

Definisikan Ulang Apa Itu Mengadu

Pelaku bullying cenderung mengintimidasi korbannya bahwa mengadu adalah tindakan pengecut. Di sinilah peran Anda sebagai orangtua. Definisikan kembali apa itu mengadu. Katakan pada anak bahwa mengadu bukanlah ciri dari seorang pengecut.

Jangan Menunggu dan Segeralah Bertindak

Semakin lama seorang pengganggu akan berkuasa atas korban mereka. Dan seringkali penindasan berawal dari hal-hal kecil, seperti menyebut nama ejekan, menggoda, hingga berlanjut pada aksi kekerasan fisik. Ajarkan mereka untuk segera bertindak.

Respons Aksi Bully dengan Tegas

Ketika pelaku penindasan mengetahui korbannya tak memberikan respons, ia akan semakin gencar melancarkan aksi-aksinya. Untuk itu, tanamkan dalam diri buah hati bahwa merespons dengan tegas. Ini sangat efektif melawan penindasan.

Lakukan Ini Jika Anak adalah Pelaku Bullying

Segeralah Atasi Penindasan yang Dilakukannya

Jika Anda mengetahui bahwa si kecil telah menggertak anak lain, segeralah ajak dia berbicara empat mata. Tunjukkan bahwa Anda menyadari situasi yang ada. Katakan pada buah hati bahwa penindasan dalam bentuk apa pun tidak dapat ditoleransi.

Cari Akar Penyebab

Sebelum Anda mengambil sikap untuk mendisiplinkan anak, pertama-tama cari tahu mengapa buah hati melakukan penindasan kepada anak-anak lain. Ada berbagai alasan seorang anak menjadi pem-bully, salah satunya ingin populer.

Ingatkan Anak Penindasan adalah Pilihan

Anak-anak perlu menyadari bahwa tidak peduli alasan apa pun yang ada di balik aksi tersebut, penindasan merupakan pilihan yang mereka ambil. Ajari anak Anda untuk bertanggung jawab atas tindakannya. Ambil tindakan tegas jika mereka menolak.

Ambil Konsekuensi yang Masuk Akal

Kita semua sering mendengar ‘hukuman harus sesuai dengan kejahatan’. Sama halnya dalam aksi bullying. Jika Anak Anda menggunakan komputer atau ponsel untuk menindas orang lain, maka ambil hak mereka menggunakan komputer atau ponsel.

Komunikasi merupakan tips paling ampuh dalam mengatasi penindasan. Untuk itu, Anda sebagai orangtua, jangan ragu mengajak buah hati bersikap terbuka dan minta mereka selalu menceritakan apa saja yang telah mereka lalui selama di sekolah.