Perhatikan Tips Merencanakan Dana Pensiun Bagi Wanita Ini Supaya Masa Tuamu Tenang

Dibandingkan laki-laki, wanita memiliki pikiran dan perencanaan yang lebih jauh, apalagi ketika wanita itu sudah beranjak dewasa dan berumah tangga. Dari jauh-jauh hari wanita sudah memikirkan bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk rencana 5-10 tahun kedepan, termasuk soal dana pensiun.

Wanita karir yang sudah berumah tangga, punya anak, dan ditambah sibuk bekerja di kantor pasti ingin menikmati masa pensiunnya kelak dengan santai dan bahagia. Perencanaan itu memang tidak mudah, banyak yang harus kita lakukan serta perhatian hingga mendetail agar semuanya terwujud dengan sempurna.

Wanita adalah makhluk yang kompleks, banyak hal yang bisa menjadi perhatiannya bahkan untuk hal-hal yang tidak pernah terduga oleh laki-laki. Demi bisa menikmati masa tua yang bahagia, persiapannya sudah harus dilakukan sedini mungkin. Nah, beberapa tips merencanakan dana pensiun bagi wanita ini dapat membantu kamu untuk merencanakan masa tua dengan lebih baik. Yuk, simak!

Yang Perlu Diperhatikan Saat Merencanakan Dana Pensiun:

1. Temui Konsultan Keuangan

Hal paling awal yang harus kamu persiapkan untuk menikmati pensiun adalah masalah perencanaan keuangan. Konsultasikan masalah keuangan kamu kepada orang yang ahli dibidangnya, terutama jika aset kamu banyak dan tersebar. Konsultan keuangan akan memberi arahan yang tepat agar aset-aset tersebut tidak habis begitu saja.

2. Berusahalah Jadi Hemat

belanja

Nah, untuk yang satu ini, Darlings harus sungguh-sungguh. Wanita mana sih yang bisa tahan untuk tidak berbelanja? Biasanya kaum hawa itu paling susah menahan diri untuk urusan yang satu itu. Demi masa pensiun yang nyaman, mulai saat ini katakan tidak pada shopping ya, Darlings! Kurangi jatah belanja dan membuang-buang uang untuk hal yang tidak penting. Sebaliknya, utamakan untuk kebutuhan primer seperti keperluan anak sekolah, keperluan dapur, dan lain-lain.

3. Pertimbangkan Asuransi Jiwa

Demi mendapatkan kenyamanan ekstra untuk masa tua baik untuk diri sendiri dan keluarga, kamu bisa mengambil asuransi jiwa. Jaminan masa tua bisa kamu peroleh setelah usia 60 tahun. Jaminan sosial yang diperoleh dari perusahaan dirasa belum mampu memenuhi kebutuhan saat tua nanti. Dengan asuransi jiwa, untuk masa depan anak dan pensiun nanti kamu bisa bernafas lega dan tenang.

4. Ambil Keputusan Bersama

suami istri

Saat dihadapkan dengan masalah dan keputusan dalam keluarga, apalagi yang menyangkut masa depan, usahakan agar kamu ikut andil di dalamnya. Ya, meski suami adalah kepala keluarga, tapi kamu bisa membantu memberikan saran dan pandangan yang lebih baik sehingga keputusan yang diambil oleh suami adalah hasil perundingan bersama.

Bagaimana tips-tips mempersiapkan masa pensiun yang sudah diberikan di atas menurut kamu? Semoga dapat menjadi referensi untuk mengelola dana pensiun kelak ya, Darlings! Segera lakukan sedini mungkin dan rencanakan masa tua ala kamu, misalnya mau bepergian ke luar negeri bersama suami atau menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Pilihan ada di tanganmu 🙂