Pingin Lanjut S2 International? Yuk Intip Tips Sukses Meraih Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa luar negeri merupakan dambaan mahasiswa yang ingin sukses S2 di kampus international. Beberapa program beasiswa seperti ini sudah bertebaran melalui bantuan institusi, perusahaan, maupun negara, namun memiliki beberapa syarat dan peraturan yang tidak mudah diraih oleh sembarang orang. Karenanya, seseorang perlu giat untuk menggapai kesuksesan ini.

Tips Sukses Meraih Beasiswa Luar Negeri

Menentukan Kampus Tujuan

Hal yang perlu dilakukan agar sukses meraih program ini adalah menentukan kampus mana yang ini dituju, kemudian Anda perlu fokus mengikuti berita apa saja yang datang dari sana. Misalnya seputar prestasi atau berita lain yang berpengaruh baik pada Anda.

Sebaiknya Anda memilih kampus yang bisa menopang karir, sekaligus sesuai dengan visi dan misi Anda, karena kampus luar negeri hanya akan menerima mahasiswa dengan tujuan hidup yang jelas.

Memilih Program Beasiswa yang Sesuai

Selanjutnya, Anda bisa menentukan program beasiswa yang sesuai kebutuhan, seperti mencari sebuah lembaga yang persyaratannya tidak bertentangan dengan cita-cita Anda, misalnya memberlakukan ikatan setelah lulus untuk bekerja di lembaga tersebut. Namun jika Anda tidak keberatan, maka syarat tersebut tetap bisa diterima.

Beberapa program beasiswa ini bisa Anda jadikan pertimbangan untuk melanjutkan S2 ke luar negeri, contohnya Erasmus Mundus (Uni Eropa), Fullbright (Amerika Serikat), Chevening (Inggris), StuNed (Belanda), dan Australia A wards Scholarship (Australia) atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) milik negara kita sendiri.

Mempersiapkan Syarat-Syarat Beasiswa

Setelah memilih kampus tujuan, Anda bisa mulai mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan kampus tersebut maupun program beasiswa, sebab hal ini kadang berbeda untuk setiap kampus. Salah satu syarat yang paling umum adalah sertifikat IELTS, surat rekomendasi akademi, cover letter, motivation letter, dan future planning.

Selain itu, juga terdapat banyak dokumen yang perlu dipersiapkan terkait administrasinya, seperti surat yang membutuhkan banyak tanda tangan dari pihak sekolah sebelumnya atau surat identitas diri seperti KTP, SIM atau STNK.

Membuat Timeline

Sayangnya untuk mendaftar beasiswa tidak memiliki waktu singkat, maka sebaiknya Anda membuat timeline agar tidak ada yang dilewatkan, misalnya dengan menentukan kapan waktu tes IELTS, jadwal melamar di kampus impian, jadwal melamar program beasiswa, sampai jadwal selesai melengkapi persyaratan dengan membuat esai, motivation letter, future letter dsb.

Miliki Tandem dan Memperbaiki Gaya Belajar

Kesuksesan dalam meraih beasiswa pastinya tidak bisa dilakukan sendiri, Anda perlu mencari mentor, misalnya alumni atau dosen di kampus Anda sebelumnya, kemudian Anda bisa belajar dari mereka.

Sekaligus saran singkat yang nantinya mereka berikan bisa informasi penting bagi Anda. Jika bukan dosen maupun alumni, Anda juga bisa mencari teman yang bisa diajak belajar bersama menjelang tes mencari persyaratan, seperti IELTS atau ujian masuk kampusnya.

Anda juga perlu rajin dalam belajar karena kemampuan otak setiap orang memiliki kapasitas berbeda-beda dan sebaiknya Anda jangan terlalu percaya pada diri sendiri, sebab mungkin Anda sudah lupa dengan banyak materi pembelajaran yang penting. Belajar merupakan kunci agar program meraih beasiswa luar negeri bisa sukses ada di tangan.