Sebelum mencintai pasangan
in

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mencintai Pasangan

Mencintai pasangan bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh konsistensi dan kemauan tinggi untuk mewujudkannya. Bagaimana mengelola keseharian agar tetap bisa menghubunginya. Bagaimana pula mengatur pertemuan agar semuanya tetap ada dalam keadaan yang aman dan nyaman. Bagi kalian berdua.

Namun juga bukan tidak bisa dilakukan. Hanya butuh sedikit usaha dan ketekunan. Karena nantinya, dalam mencintai pasangan, tentu akan muncul rasa bosan. Rasa bosan inilah yang kemudian menjadi biang kerok masalah. Jarang menghubungi, jarang memberi kabar, hingga jarang bertemu.

Padahal intensitas bertemu sangatlah berperngaruh dalam perjalanan romansa dua insan. Pasangan yang jarang berkomunikasi, jarang berucap mesra satu sama lainnya, menandakan bahwa mereka sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. Lalu, apa saja yang harus dilakukan, jauh sebelum mencintai pasangan? Cek ulasannya.

1. Sebelum mencintai pasangan: Cintai diri kamu sendiri

Sebelum mencintai pasangan, kamu harus terlebih dulu mencintai diri kamu sendiri. Hal ini mutlak dilakukan. Bahkan sebelum kamu memulai sebuah hubungan, baik dimulai dari perkenalan, kencan, hingga jadian. Wajib hukumnya bagi kamu untuk mengenali apa kelebihan dan kekuranganmu.

Kamu juga wajib tau apa saja sifat-sifat mendasar yang ada pada dirimu. Apakah kamu tipikal orang yang mudah mengekspresikan emosi, atau tipe orang yang suka memendam perasaan. Ini penting untuk dikenali agar kamu bisa menyesuaikan diri. Cintai diri kamu sendiri sebelum mencintai orang lain.

2. Cari tau apa yang membuatmu jatuh cinta

Memang benar, seseorang bisa merasa jatuh cinta pada pandang pertama. Dan proses jatuh cinta ini juga tidak dapat dikendalikan oleh otak kesadaran. Dengan sendirinya kamu merasa bahagia karena sedang kasmaran bersama orang yang ditaksir. Jatuh cinta yang membuat hari-harimu berwarna.

Namun jika sudah berjalan beberapa bulan, kamu mungkin merasakan kebosanan. Nah hal inilah yang butuh diperjelas. Apa yang membuatmu bisa jatuh cinta? Apakah dia punya hobi yang membuatmu berdecak kagum kepadanya? Atau dia tipikal orang yang pekerja keras sebelum mimpinya tercapai?

3. Instrospeksi diri

Sebelum mencintai pasangan

Menginstrospeksi diri artinya mengenali diri sendiri, dan merenungi sikap-sikap yang diberikan kepada orang lain. Merefleksi hal apa saja yang membuat orang lain bisa merasa nyaman, dan hal apa saja yang membuat orang lain merasa terganggu. Atau bahkan tersakiti karena sikapmu yang lugu itu.

Mengenali diri pun menjadi langkah awal yang wajib kamu lakukan. Sebagaimana tadi sudah dijelaskan, mengenali diri berguna untuk kamu dalam mencintai diri sendiri. Memanjakan diri sendiri. Setidaknya sebelum mencintai pasangan. Kamu wajib menginstrospeksi sikap kamu terhadap orang-orang di sekitarmu.

4. Ketika ada masalah, lihat reaksi pasangan

Sebelum mencintai pasangan

Ketika timbul sebuah masalah, mungkin salah paham, cobalah untuk menganalisis sikap pasangan. Apakah dia benar-benar peduli dengan masalah itu? Atau justru hanya bersikap cuek dan tidak mau memperbaiki keadaan? Hal ini bisa menunjukkan kalau dia serius sama kamu, atau cuma main-main.

Kenapa ini penting? Karena seperti yang sudah dikatakan tadi, sebelum mencintai pasangan, tentu kamu haruslah mencintai diri kamu sendiri. Dan barulah kamu memberikan cintamu kepada pasangan, lalu pasangan pun demikian. Namun jika pasangan tidak peduli, maka sudah semestinya kamu ambil tindakan.

5. Mulailah mencintai dengan tulus

Kalau keempat hal tadi sudah kamu penuhi, kini saatnya mulai mencintai pasangan dengan tulus. Cobalah untuk memberikan apa yang semestinya diberikan. Perhatian, menanya kabar, aktivitas hari ini, atau apapun itu. Dengan hal-hal kecil saja, kamu sudah mengambil tindakan yang benar.

Bahkan kadang kala, pasangan sangat bahagia kalau ditanya hal-hal kecil yang terlupa. Kadang memang orang-orang tidak sadar bahwa rasa nyaman tidak melulu harus bepergian ke luar kota, belanja bersama, atau kesenangan lainnya. Cukup bertanya apakah dia menyenangi hari-harinya, kadang sudah cukup.

Nah, itu dia tadi sederet hal yang harus kamu lakukan sebelum mencintai pasangan. Hal-hal tadi memang mendasar dan justru sering dilupakan. Padahal efeknya jangka panjang dan berpengaruh besar dalam sudut pandang kita saat mencintai seseorang. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

Hubungan baik

Hubungan Baik: Kenali 5 Tanda Ini dan Kamu Patut Berbangga!

Cowok loyal

5 Hal Ini Sudah Melekat Pada Diri Seorang Cowok Loyal