Sedang Mengandung? 5 Nutrisi Ibu Hamil Ini Tak Boleh Absen dari Asupanmu

Umumnya ibu hamil baru sadar bahwa dirinya sedang mengandung setelah usia kehamilan mencapai 2 sampai 3 minggu. Oleh karena itu, kamu perlu segera menyesuaikan kebutuhan nutrisi ibu hamil muda. Pada kehamilan 1 bulan, akan terjadi perubahan emosi, salah satunya menolak makan karena penciuman tajam ibu hamil. Padahal pada saat itu janin baru mulai tumbuh dan diperlukan berbagai vitamin dan mineral agar berkembang dengan baik. Kamu harus tahu, ketika hamil bukan berarti harus makan dua kali lipat, tetapi yang tepat adalah makan dengan jumlah gizi dua kali lipat. 

5 Nutrisi Ibu Hamil yang Baik untuk Janin:

1. FolidAcid

sayur brokoli

Ketika usia kehamilan Darlings mencapai satu bulan, kamu sangat memerlukan folid acid sekitar 400 mcg per hari. Zat ini bermanfaat untuk mempersiapkan rahim dan mampu mengurangi terjadinya spina bifida (tulang belakang tidak tertutup rapat) pada bayi. Nutrisi untuk ibu hamil muda ini terdapat pada kacang kedelai, sereal berbahan gandum atau jagung, brokoli, kembang kol, kol, wortel, jeruk, jambu klutuk dan alpukat.

2. Kalori

Tahukah Darlings jika bulan pertama adalah masa perkembangan janin untuk semua kelengkapan organ penting? Pada saat itu dibutuhkan kalori yang cukup besar oleh janin dan ibu hamil. Namun, ada beberapa ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, sehingga kurang maksimal dalam pemenuhan nutrisi. Nah, tapi kamu bisa mengatasi rasa mual saat hamil dengan mengonsumsi pisang atau bayam. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada pisang bisa membantu mengurangi rasa mual. Selain memiliki kandungan mineral dan vitamin, buah-buahan juga berkalori tinggi lho, Darlings. 

3. Asam Folat kacang merah

Pada kehamilan bulan pertama, ibu hamil membutuhkan asupan asam folat. Salah satu sumber asam folat dari jenis sayuran adalah bayam. Asam folat memiliki peran penting di awal kehamilan, yaitu untuk mencegah kecacatan tabung syaraf janin dan mampu mengurangi resiko cacat lahir otak serta sumsung tulang belakang. Kebutuhan asam folat per hari pada ibu hamil bulan pertama sebanyak 600 mcg. Konsumsilah makanan yang kaya akan asam folat, misalnya kacang merah, kuning telur, sereal, susu dan sayuran hijau. Nggak sulit kan menemukan makanan-makanan ini?

4. Zat Besi

Pada awal kehamilan, zat besi bermanfaat untuk membentuk sel darah merah bagi ibu dan janin. Oleh karenanya, zat besi mengurangi resiko lemah, letih, dan lesu pada ibu hamil. Dengan mengonsumsi bayam, kamu sudah dapat memenuhi kebutuhan asam folat dan zat besi. Simpan si hijau banyak-banyak di lemari es mu ya, Darlings!

5. Kalsium

susu

Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang janin. Apabila janin kekurangan kalsium, ibu hamil bisa mengalami keropos tulang karena janin akan mengambil cadangan kalsium dari ibu. Oleh karena itu kamu harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil muda ini. Salah satu makanan sumber kalsium adalah susu atau berbagai olahan susu.

Intinya, kamu harus ingat kalau bulan pertama sering disebut bulan kritis. Pada saat itu janin memiliki kondisi yang lemah, karena masih dalam proses pembentukan awal. Jadi, pastikan kamu bisa mencukupi semua nutrisi ibu hamil muda yang sudah disebutkan di atas, ya!