Sudah Jenuh, Padahal Baru Judul Nih! Tips Agar Pengajuan Skripsi Segera Disetujui Dosen

Pengajuan skripsi sangat sulit mendapatkan persetujuan, terlebih Anda tidak paham seperti apa maunya dosen. Maka wajar jika Anda segera jenuh mengerjakannya padahal baru menulis judul. Tetapi, stop! Berhenti merasa putus asa. Skripsi yang tidak segera disetujui bukan tanda Anda gagal atau tidak lulus ujian, itu hanya tahap yang harus Anda lalui agar skripsi segera selesai.

Jika Anda bingung bagaimana cara menentukan tema dan judul skripsi agar lekas disetujui Dosen, maka cobalah lebih kreatif dengan melakukan banyak riset, browsing bahkan berbincang dengan teman atau kakak angkatan seputar tema penelitian mereka. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa tips di bawah agar lebih mudah menjalani tahan pengajuan ini.

Tips Pengajuan Skripsi Agar Disetujui Dosen Pembimbing

Melakukan Riset

Demi menyelesaikan skripsi, maka Anda harus banyak melakukan riset mengenai tema pendidikan dan jurusan Anda. Carilah di tempat dengan sumber terpercaya sekaligus Anda mengerti sistem kerjanya. Anda juga bisa mencari di perpustakaan atau website yang mengandung berbagai referensi judul atau tema skripsi sebagai pedoman awal penelitian Anda nanti.

Memilih Tema Skripsi yang Hot Issues

Mengertilah, para dosen menyukai mahasiswa yang kritis dan kreatif terhadap fenomena terbaru seputar jurusan Anda. Hal ini menandakan bahwa Anda sangat up to date dengan isu yang berhembus di lingkungan pendidikan yang sedang Anda geluti. Jadi, cobalah untuk mencari beria terkini untuk segera diskusikan hal ini dengan pembimbing.

Mengambil Tema yang Menarik

Seorang dosen pernah mengatakan bahwa meskipun setiap fenomena tertentu bisa diteliti, akan tetapi tidak semuanya bisa menarik untuk dibahas dalam skripsi. Jadi, sering-seringlah membawa tema penelitian dan berkonsultasi pada pembimbing apakah tema tersebut menarik untuk skripsi Anda.

Memilih Subjek dan Objek yang Jelas

Pastikan Anda memilih penelitian dengan objek dan subjek yang jelas, agar mudah dimintai informasi lengkapnya. Ambillah terlebih dahulu fenomena yang ada di masyarakat dengan tema yang ingin Anda angkat untuk diteliti.

Pilih Jenis Penelitian Skripsi yang Kuantitatif

Memilih penelitian untuk skripsi sebaiknya memiliki hasil yang kuantitatif, sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Berbeda dengan hasil kualitatif yang membutuhkan pendapat dari individu lain, karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda.

Terlebih penelitian dengan jenis kuantitatif ini, akan lebih mudah dikerjakan karena Anda tidak memerlukan wawancara pada banyak orang yang mengeluarkan banyak waktu dan tenaga.

Jangan Langsung Membahas Judul, Tapi Mulai dari Masalah

Cobalah memilih sebuah masalah, bukan memilih judul. Setelah masalah diputuskan, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dosen pembimbing agar bisa mengarahkan Anda dalam menemukan judul. Jika dosen mengetahui bagaimana proses Anda menemukan judul, maka beliau akan lebih mudah menyetujui hasilnya.

Selain itu, untuk menentukan judul, Anda perlu mempertimbangkan minat dan kemampuan Anda, karena judul ini nantilah yang akan Anda teliti dan bahas dalam skripsi. Pastikan juga untuk mempertimbangkan keuntungannya di masa depan, serta memiliki banyak sumber terpercaya. Jika sudah, maka segera tulis pengajuan skripsi Anda agar bisa disetujui pembimbing.