pencegahan epilepsi
in

Ternyata Pencegahan Epilepsi Semudah Mengonsumsi 6 Makanan Ini

Darlings, kamu pasti pernah dengar penyakit epilepsi kan? Sebelum membahas pencegahan epilepsi, ada baiknya kita ulas dulu pengenalannya secara singkat. Epilepsi adalah gangguan yang terjadi pada sistem syaraf otak manusia karena adanya aktivitas yang berlebihan dari sel neuron sehingga menyebabkan timbulnya reaksi pada manusia. Reaksi yang timbul bisa beberapa jenis, misalnya seperti kesemutan, melamun sesaat, bahkan kejang-kejang.

Penyakit epilepsi atau biasa lebih dikenal dengan sebutan penyakit ayan ini merupakan penyakit yang bersifat keturunan. Epilepsi sebagian besar menyerang anak-anak. Beberapa faktor yang dapat menimbulkan penyakit epilepsi adalah terlalu banyak mengonsumsi alkohol, pernah mengalami cedera pada bagian kepala, faktor genetik, penyakit tumor otak dan kurang tidur. Nah, apabila kamu memiliki garis keturunan penyakit epilepsi, kamu bisa melakukan pencegahan epilepsi sejak awal dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut!

Makanan yang Baik Untuk Pencegahan Epilepsi atau Ayan:

1. Pilih yang Tinggi Magnesium

makanan kaya magnesium

Salah satu penyebab timbulnya penyakit epilepsi adalah kurangnya asupan magnesium dalam tubuh. Sebagai pencegahan epilepsi, kamu harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi misalnya kacang mete, bayam dan almond.

2. Rajin-rajin Konsumsi Bawang Putih

Tahukah kamu jika bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki khasiat yang luar biasa? Ya, salah satunya adalah sebagai pencegahan epilepsi! Cara membuatnya cukup mudah, kamu tinggal merebus 5 siung bawang putih kemudian direbus hingga mendidih, setelah itu didinginkan sebentar, kemudian air rebusannya diminum secara rutin. Jika kamu kurang suka dengan aroma bawang putih, kamu bisa menambahkan madu atau susu juga kok, Darlings!

3. Minum Air Kelapa

Air kelapa sangat baik untuk membuang toksin dari dalam tubuh dan menetralisir racun. Nah, air kelapa juga berkhasiat untuk mencegah epilepsi, lho. Minum secara rutin setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal. Selain terhindar dari penyakit epilepsi, tubuh kamu juga terhindar dari racun-racun berbahaya.

4. Mineral dari Susu

Susu adalah minuman sehat yang banyak mengandung vitamin, kalsium, magnesium dan mineral lain yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak manfaat yang kamu dapat jika minum susu tiap hari. Selain tubuh akan menjadi sehat, kandungan mineral dalam susu juga pilihan baik untuk pencegahan epilepsi!

5. Andalkan Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 dapat membantu kerja otak dan juga menyehatkannya lho, Darlings. Selain pada ikan, kandungan asam lemak omega 3 juga bisa kamu temukan pada telur ayam, daging sapi pemakan rumput, kacang walnut, dan minyak biji flax. Tak sulit kan menemukan pencegah epilepsi yang satu ini?

6. Makan Buah Beligo

buah beligo

Buah yang satu ini kerap dimasak bersama sayur asam. Yup, buah labu beligo, Darlings. buah labu beligo mengandung magnesium cukup tinggi sehingga termasuk salah satu pencegah epilepsi. Selain disayur, kamu juga bisa menambahkannya sebagai salah satu menu sehat sebagai jus. Mau disayur atau dijus, kamu tinggal pilih.

Bagaimana Darlings? Dari keenam makanan pencegah epilepsi di atas, yang mana paling sering kamu konsumsi? Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, mulai sekarang, kamu harus rajin makan keenamnya, ya!

nutrisi ibu hamil

Sedang Mengandung? 5 Nutrisi Ibu Hamil Ini Tak Boleh Absen dari Asupanmu

Jangan Sampai 3 Akibat Kurang Olahraga ini Terjadi Padamu!