Wajib Tahu! 6 Cara Cepat untuk Jadi Seorang Jago Masak

Memasak adalah keterampilan yang bisa terus meningkat dan berkembang seiring berjalannya waktu. Untuk menjadi jago masak diperlukan latihan, karena tidak mungkin di hari pertama mencoba, Anda langsung bisa memasak seperti seorang chef. Pasti ada banyak kesalahan yang harus dilalui hingga Anda jadi mahir memasak. Coba ikuti kiat-kiat bermanfaat berikut untuk membantu Anda belajar masak.

Cara Mudah untuk Bisa Menjadi Jago Masak

Lebih Sering Memasak

Seorang koki menjadi piawai masak karena mereka menghabiskan waktunya untuk memasak. Jika Anda melihat seorang koki yang sukses, itu karena mereka memang mengikuti pendidikan di sekolah kuliner, atau tumbuh di dalam keluarga yang senang memasak. Untuk Anda, setidaknya cobalah memasak tiga kali dalam seminggu. Buktikan kemampuan masak Anda meningkat dengan sendirinya.

Buat Masakan yang Disukai

Ketika Anda memasak, apalagi sebagai pemula, buatlah masakan yang benar-benar Anda suka. Jika Anda membuat masakan yang disukai maka besar kemungkinan rasanya pasti enak, sehingga ketika orang-orang mencicipinya mereka juga akan menyukainya. Ini akan membuat Anda makin semangat untuk mencoba masak lagi dan lagi.

Pilih Masakan Lokal

Kadang kita juga menyebutnya masakan rumahan, namun tidak terbatas pada itu saja. Bisa juga masakan tradisional, masakan khas daerah, atau jajanan tradisional. Apapun itu, sangat baik jika Anda mengawalinya dengan membuat masakan khas dari daerah Anda sendiri dulu, atau masakan dari resep turun-temurun keluarga.

Menggunakan Alat Masak yang Tepat

Untuk bisa memasak dengan efektif, Anda wajib menggunakan alat masak yang tepat karena bisa lebih menghemat waktu. Mulailah dari pisau dapur Anda. Pisau dapur yang tajam adalah kebutuhan nomor satu setiap chef. Berawal dari pisau dapur, Anda akan semakin memahami betapa pentingnya menggunakan alat-alat masak lainnya secara tepat, seperti talenan, spatula, baskom, wajan, panci, dan lainnya.

Membeli Bahan Masak Berkualitas

Koki terbaik yang jago masak selalu menggunakan bahan masak terbaik pula. Jika Anda sudah mantap memutuskan belajar memasak, cobalah mulai membuat anggaran sendiri untuk membeli bahan masak yang lebih bermerek. Tidak akan memberatkan, kok, menyisihkan Rp5.000,00 untuk membeli mentega yang lebih mahal namun kualitasnya lebih baik.

Berani Bereksperimen

Jika ingin mendapatkan hasil masakan terbaik maka Anda harus berani mencoba. Apabila masakan Anda kurang bumbu, namun Anda tidak mau mencoba menambah bumbunya, maka tidak ada artinya Anda memasak. Dengan berani bereksperimen Anda mungkin akan makin sering membuat kesalahan, tetapi dengan begitu Anda akan semakin mahir karena mengetahui mana yang harus atau tidak boleh dilakukan.

Pada dasarnya, memasak adalah seni. Jadi, sama seperti belajar seni, tidak ada peraturan bakunya karena satu resep yang sama pun akan menghasilkan masakan yang sama namun rasanya berbeda, ketika diolah oleh koki yang berbeda. Yang penting untuk jadi jago masak, jangan pernah menyerah dan teruslah belajar, ya.