Tips Merencanakan Pensiun Bagi Wanita

         

Dibandingkan dengan laki-laki, wanita memiliki pikiran dan perencanaan yang lebih jauh. Apalagi ketika wanita itu sudah beranjak dewasa, dan berumah tangga. Dari sejak jauh-jauh hari wanita sudah memikirkan bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk rencana 5-10 tahun kedepan.

Kesibukan wanita yang sudah berumah tangga, memiliki anak ditambah sibuk bekerja di kantor pasti ingin menikmati masa pensiunnya kelak dengan santai dan bahagia. Perencanaan itu memang tidak mudah, banyak yang harus kita lakukan serta perhatian hingga mendetail agar semuanya terwujud dengan sempurna.

Wanita adalah makhluk yang komplek, banyak hal yang bisa menjadi perhatiannya bahkan untuk hal-hal yang tidak pernah terduga oleh laki-laki. Demi bisa menikmati masa tua yang bahagia, persiapannya sudah harus dilakukan sedini mungkin. Nah, beberapa tips merencanakan pensiun bagi wanita yang dapat membantu kamu untuk merencanakan pensiun dengan baik.

1. konsultan keuangan

Hal paling awal yang harus kamu persiapkan untuk menikmati pensiun adalah masalah keuangan. Konsultasikan masalah keuangan kamu kepada orang yang ahli dibidangnya mengenai perencanaan masa tua yang kamu inginkan. Konsultan keuangan kamu akan memberikan beberapa hal yang harus kamu lakukan.

2. hemat

Nah untuk yang satu ini, harus dilakukan secara sungguh-sungguh girls. Wanita mana sih yang bisa tahan untuk tidak berbelanja ? padahal biasanya kaum hawa itu paling susah menahan untuk urusan yang satu itu. Demi masa pensiun yang nyaman mulai saat ini katakan tidak pada shopping ya girls. kurangi jatah belanja dan membuang-buang uang untuk hal yang tidak penting, utamakan untuk kebutuhan primer terlebih dahulu, misalnya keperluan anak sekolah, keperluan dapur dan lain-lain.

3. asuransi jiwa

Demi mendapatkan kenyamanan yang ekstra untuk masa tua baik untuk diri sendiri dan keluarga, kamu bisa mengambil asuransi jiwa. Jaminan masa tua bisa kamu peroleh setelah usia 60 tahun. Jaminan sosial yang diperoleh dari perusahaan dirasa belum mampu memenuhi kebutuhan saat tua nanti. Dengan asuransi jiwa, untuk masa depan anak dan pensiun nanti kamu bisa bernafas lega dan tenang.

4. keputusan bersama

Saat dihadapkan dengan masalah dan keputusan dalam keluarga apalagi yang menyangkut masa depan, usahakan agar kamu ikut andil didalamnya, walaupun suami adalah kepala keluarga tapi kamu bisa membantu memberikan saran dan pandangan yang lebih baik. Sehingga keputusan yang diambil oleh suami adalah keputusan hasil perundingan bersama.

Tips untuk menikmati masa pensiun nanti sudah diberikan. Semoga hal-hal diatas dapat menjadi referensi untuk kamu mempersiapkan masa pensiun kelak dan menikmatinya bersama suami. Segera lakukan sedini mungkin dan rencanakan masa tua apa yang ingin kamu rasakan, bepergian ke luar negeri bersama suami atau menikmati suasana pedesaan yang sejuk dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.